Setting domain forwarding

Salah satu fasilitas baru dari DNS Management di Clientzone adalah fitur Domain Forwarding. Domain Forwarding  merupakan fasilitas untuk membelokkan/mem-forward URL website/blog yang panjang atau subdomain yang panjang atau alamat site lainnya, sehingga bisa diakses dengan alamat yang lebih ringkas.

Misal kita mempunyai blog di wordpress.com dengan nama namablog.wordpress.com, agar bisa diakses dari namadomain.com. Contoh lain kita ingin halaman domain.us/sesuatu/gitu/banget/deh bisa diakses dengan alamat namadomain.net yang jauh lebih ringkas.

[notification type=”alert-warning” close=”false” ]Tutorial berikut ini dikhususkan untuk akun domain saja dan tanpa hosting. Prasyarat lainnya adalah, fasilitas ini hanya bisa berfungsi apabila domain menggunakan nameserver:

  • nsid1.rumahweb.com
  • nsid2.rumahweb.net
  • nsid3.rumahweb.biz
  • nsid4.rumahweb.org

Mengubah nameserver bisa dilakukan seperti panduan: http://manual.rumahweb.com/mengubah-nameserver/[/notification]

Berikut adalah tutorial bagaimana menggunakan fasilitas Domain Forwarding di Clientzone.

1. Login ke Clientzone.
2. Menuju ke menu Domains > Domainku.

fw1

3. Kemudian pilih domain yang akan diset sebagai “Domain Forwarding”. Dengan mengklik “Manage Domain” pada baris yang sama dengan domain yang akan diset.

fw24. Kemudian menuju menu Management Tools > Domain Forwarding.

fw55. Apabila pertama kali melakukan setting domain forwarding, maka akan muncul halaman untuk melakukan aktivasi Domain Forwarding. Klik “Activate Domain Forwarding”.

fw36. Berikutnya akan ditunjukkan halaman untuk melakukan setting Domain Forwarding. Berikut adalah keterangan singkat masing-masing kolom.

  • Destination: diiskan dengan nama URL dimana kita akan mem-forward domain. Ditulis lengkap beserta “http://” atau “https://” di depannya.
  • URL Masking: pilih opsi “Yes” apabila anda ingin pengunjung domain tetap akan melihat nama domain asal dan bukan domain tujuan forwarding di address bar browser.
  • Header tags: isi opsi ini apabila mengaktifkan URL Masking.
  • Subdomain forwarding: apabila opsi ini diaktifkan (Yes), maka request ke subdomain  dari domain yang diforward, akan diarahkan ke path folder dengan nama yang sama dari subdomain. Sehinggal subdomain di domain yang diset forwarding, masih dapat diakses di server hosting dari domain yang diforward.
  • Path forwarding: apabila opsi ini diset “Yes”, maka request ke path akan diforwarding ke path yang sama dari domain tujuan.

fw4
Klik “Save Changes” untuk menyimpan setting.